Jenis Motif Baju Batik Berdasarkan Daerah Asal

Motif baju batik sekarang ini sangat beragam. Sebagai salah satu ciri khas dan warisan budaya Indonesia, rakyat Indonesia mulai bangga untuk mengenakan batik di beberapa kesempatan. Tua, muda,  kaya,  miskin,  semuanya bisa memakai batik. Bahkan banyak kantor yang mewajibkan pegawainya untuk mengenakan batik setiap hari Jum’at. Eksistensi batik tersebut juga dibarengi dengan perkembangan batik itu sendiri. Di beberapa daerah, batik dimodifikasi dengan menambah corak atau motif yang mencerminkan ke-khas-an daerah tersebut. Berikut beberapa jenis batik berdasarkan daerah asalnya:

 

Batik Pekalongan, Solo dan Jogja

Jenis motif baju batik yang pertama yaitu batik Pekalongan. Batik ini memiliki ciri warna yang cerah, terdapat gambar berbentuk tumbuhan dan burung garuda, motifnya bisa saja berbentuk geometris, bergambar burung phoenix, atau naga. Batik Pekalongan merupakan salah satu jenis batik favorit masyarakat yang biasa dijait menjadi baju batik. Jenis batik kedua yaitu batik Solo, ciri khas batik ini terdapat pada warnanya. Umumnya batik Solo menggunakan kombinasi warna coklat tua, coklat muda, coklat kehitaman, coklat kekuningan, juga coklat kemerahan. Sedangkan motifnya biasanya berukuran kecil dan bentuknya diagonal. Batik Solo dibagi lagi menjadi beberapa jenis motif, yaitu: parangkusuma, sidoasih, sekarjagad, bokorkencana, gonggong, raturatih dan ceplok.  Jenis batik yang ketiga adalah batik Jogja, ciri khasnya yaitu ada dua macam warna yang digunakan sebagai warna dasar yaitu hitam dan putih. Sedangkan warna batiknya bisa warna putih, coklat dan biru tua kehitaman. Batik Jogja dibagi jenis motifnya menjadi: kawung, parang, liris, udan nitik, pamiluto dan tambal.

Corak Batik Bokor Kencono Versi Batik Solo

Corak Batik Bokor Kencono Versi Batik Solo

 

Ratu Ratih, salah satu motif batik klasik

Ratu Ratih, salah satu motif batik klasik

 

contoh motif batik pekalongan

contoh motif batik pekalongan

 

Motif Baju Batik Solo Motif Sekarjagad

Motif Baju Batik Solo Motif Sekarjagad

 

 

contoh motif batik Jogja

contoh motif batik Jogja

Batik Madura dan Batik Indramayu

Jenis motif baju batik selanjutnya yaitu batik Madura. Ciri khasnya adalah warnanya yang berani dan tegas, seperti: kuning, hijau, merah dan biru. Motifnya diambil dari motif tumbuhan, binatang, juga motif kombinasi yang diciptakan pembuatnya. Jenis batik berikutnya adalah batik Indramayu, sering dipanggil motif Dermayan. Ciri khas motifnya yaitu menggambarkan suasana pesisir, misalnya gambar nelayan yang sedang mencari ikan di laut atau sekedar gambar ikan. Itulah lima jenis batik yang terkenal di tanah air. Selain itu, masih ada jenis lain seperti batik Bali, Cirebon, Banyumas, Tasikmalaya dan Minangkabau yang tidak kalah bagusnya untuk dijahit menjadi baju batik.

 

batik madura motif bagus

batik madura motif bagus

 

motif-motif batik Indramayu, batik pesisir

motif-motif batik Indramayu, batik pesisir

 

contoh batik batik bali keren

contoh batik batik bali keren

 

Jenis Motif Baju Batik Berdasarkan Daerah Asal | admin | 4.5